Gunter G-9

DOSEMU: Cetak via Sharing Printer Windows

Posted in Njlajah, Pegel Linux by f0xy on Januari 9, 2008

Sebelumnya saya pernah seting DOSEMU agar bisa mencetak via sharing printer Windows. Tapi dasar pelupa dan pemalas, saya tidak pernah mencatatnya. Giliran perlu jadi kelimpungan sendiri. Agar kejadian tersebut tak terulang lagi, maka saya coba untuk menuliskannya di sini.

Yang perlu disiapkan adalah paket dosemu dan samba. Kebetutlan saya menggunakan Dosemu-1.4.0  dan paket Samba bawaan distro Slackware 12.0. Silahkan unduh paket dosemu di situsnya atau cek paketnya di distro masing-masing. Bagi siapa saja yang melakukan kompilasi dosemu dari source code silahkan ikuti langkah-langkahnya di sini.

Pada saat kompilasi, saya mengalami error seperti berikut:

*** error:
*** Your system has no complete /usr/include/linux,
*** (version.h missing) ... giving up

Hal ini disebabkan file version.h tidak ditemukan di folder /usr/include/linux. File tersebut bisa kita dapatkan dengan cara mengkopinya dari /usr/src/linux/include/linux/version.h ke /usr/include/linux/version.h. Ulangi kompilasi dosemu yang gagal sebelumnya.

Sekarang bangaimana caranya agar aplikasi dos yang kita miliki (kebetulan saya menggunakan aplikasi yang dibuat dengan FoxPro) bisa mencetak via sharing printer Windows.

Ada dua tahapan:

Tahapan 1 (Seting CUPS)

  • Pastikan printer telah di share pada komputer Windows
  • Tambahkan printer tersebut pada CUPS (Windows Printer via SAMBA), dan Set As Default Printer
  • Pastikan Printer yang kita tambahkan bisa melakukan Print Test Page

Tahapan 2 (Seting pada Dosemu)

  • Instal dosemu sesuai dengan masing-masing distro
  • Edit file /etc/dosemu/dosemu.conf
  • Tambahkan baris berikut pada bagian printer setting:
    $_printer = “LQ2090” <— harus sesuai dengan nama printer pada file /etc/printcap
  • Setelah ditambahkan simpan perubahannya

Sekarang buka lagi aplikasi dos kita dan printer siap digunakan untuk mencetak.

Rujukan:

  1. http://www.geocities.com/adilinux/dosemu.html
  2. http://migrasi.idfusi.org/?p=19
5 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Ogoij said, on Februari 29, 2008 at 22:41

    Pada dasarnya gue kagak ngatri yang beginian bRew…
    Cuma berhubung ini blog elo, maka dengan senang hati gue tengokin deh. He he he
    Lama banget dicuekin nih blog.
    Apa karena asyik ngurusin si mbak Lenovo yang hitam manis?
    Huik hi hi hi

  2. kernel_trap said, on Maret 22, 2008 at 9:06

    wakaka … kebiasaan nech gak nyatat kerjaan, rasain 😛 !

  3. Prasetyo said, on Mei 7, 2008 at 11:30

    Pernah coba print file .txt di dosemu ga? file aku pas di print kok mepet ya (berantakan), kalo dicek margin kanannya ga bisa 120 cuma bisa 80. bisa kasih solusi ga harus disetting dimananya? thx

    Tyo

  4. gnine said, on Mei 19, 2008 at 11:58

    wah jujur ajah, saya lum pernah coba print file*.txt di dosemu. Saya pake dosemu krn bener2 terpaksa, krn ada aplikasi foxpro yg masih under DOS.

  5. ronni said, on Oktober 22, 2009 at 14:58

    thanks for sharing,…… kalo buat cetak ke printer via usb dari dosemu, perlu setting tambahan apa lagi ya?

    di bagian printer setting sudah saya beri nama printer yg dimaskud (yg via usb) tapi tetap belum berhasil nge-print, tapi print test page bukan dari dosemu berhasil…. trims


Tinggalkan Balasan

